Selasa, 18 Oktober 2011

cool edit

PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA COOL EDIT
Diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Media Pembelajaran






Disusun oleh :
Tri Mardiyanti R. (090210102039)
Nur Aziza (090210102058)
Taufiq Ansori (090210102074)
Rica Ayu B. (090210102081)







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2011




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan dunia komputer telah mencapai perkembangaan yang sangat mengagumkan. Hampir semua bidang pekerjaan di dunia telah dikendalikan oleh komputer. komputer juga amat erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Bahkan komputer telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah.
Dalam bidang pengajaran, komputer memungkinkan untuk terselenggaranya proses belajar mengajar jarak jauh, atau pembelajaran tanpa tatap muka. Namun demikian masalah yang timbul tidak semudah yang dibayangkan. Kekuatan komputer sebagai sarana pengembangan fisika adalah dimungkinkannya dibuat sistem multimedia yang interaktif, sehingga pengguna dapat bersifat aktif. Komputer juga memungkinkan adanya individualisasi dalam belajar fisika sehingga materi ajar dan latihan dapat disusun sesuai dengan model perkembangan pengguna. Dalam fisika ada dua gejala yang dapat divisualisasikan, yaitu (1) yang berkaitan dengan gerak seperti mekanika, gelombang, gerak elektron dan sebagainya; (2) yang tidak berkaitan dengan gerak seperti garis gaya listrik, pola interferensi, difraksi, dan lain sebagainya.
Merupakan kenyataan sejarah bahwa ilmu Fisika adalah dasar utama dan paling penting dalam kemajuan teknologi. Fisika melahirkan revolusi informasi sejak diciptakannya semikonduktor sebagai bagian terpenting dari prosesor dalam computer, bahkan konsep internet dirintis oleh orang fisika. Hamper seluruh komponen elektronika dan konsepnya dirintis oleh para ahli fisika: Ohm, Coulomb, Ampere, Volt, Tesla, Maxwel, Gauss, Hertz dan lain-lain. Sedangkan mesin-mesin, kontruksi, pemanfaatan gelombang tidak lepas dari dinamika gerak ilmu fisika.
Ilmu fisika adalah jantung dalam kemajuan teknologi saat ini. Dengan demikian, mengingat pentingnya ilmu fisika dalam kemajuan sains dan teknologi saat ini, maka dalam mempelajari ilmu fisika kita butuh alat sebagai media penyampaian. Contohnya dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang, khususnya gelombang dan getaran kita dapat menggunakan multimedia software yang biasa dikenal dengan nama CoolEdit. Dan untuk keperluan tersebut, sangatlah penting menyediakan sebanyak mungkin fasilitas media pendukung penyampaian materi pembelajaran. Media penyampaian tersebut membantu mahasiswa dalam memahami ilmu fisika dengan baik.
Salah satu fenomena fisis yang menarik dan ayng paling banyak dimanfaatkan adalah gelombang. Hampir seluruh dunia keteknikan berhubungan dengan gelombang dan menggunakan prinsip-prinsipnya. Bahkan pada dasarnya gelombang ada dimanapun dalam kehidupan kita. Sadar maupun tidak beberapa hal yang sering kita lihat sesungguhnya banyak memanfaatkan gelombang. Suara, cahaya, televise, microwave, internet, computer, handphone, dan banyak lagi ternyata adalah fenomena pemanfaatan gelombang.
Gelombang suara atau sound terjadi dari getaran pita suara diperkuat di dalam diafragma kemudian diteruskan ke udara dan menyebabkan molekul udara merapat dan meregang secara bergantian ke segala arah, membentuk muka gelombang dan getaran-getaran. Semakin keras berteriak energy yang disebarkan dalam bentuk gelombang semakin besar.
Namun, terkadang karena kesulitan dalam menggambar bentuk gelombang suara (bunyi), dalam kebanyakan kasus gelombang suara dilukiskan sebagai gelombang transversal. Pemanfaatan multimedia CoolEdit sebagai media pembelajaran fisika dalam penyampaian materi tentang gelombang. CoolEdit dapat menggambarkan bentuk gelombang suara dan menggambaran getaran yang ditimbulkan oleh sumber suara (bunyi). Ada suatu ketika kita hendak menyesuikan (menala) sebuah nada (frekuensi) tertentu, ketika nada hamper sesuai dengan nada acuan (standart), terjadi suara keras-lemah. Dengan software multimedia CoolEdit dapat mempermudah kita menyatukan dua nada (gelombang suara, gelombang bunyi) yang dibunyikan bersamaan dengan frekuensi berbeda. Kasus gelombang suara dilukiskan sebagai gelombang transversal, yang maksudnya untuk menunjukkan amplitudonya. Bahwa amplitude membesar dan mengecil secara periodic, dan kita tahu bahwa amplitude sebanding dengan energy gelombang (dan intensitasnya) atau keras lemah sebuah suara. Dengan demikian secara fisika, penggunaan CoolEdit untuk media pembelajaran materi gelombang dan getaran, sekarang dapat kita pahami mengapa suara keras-lemah secara bergantian, hal ini disebabkan gelombang membesar dan mengecil secara periodic.






1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka muncul permasalahan sebagai berikut:
Bagaimanakah mengembangkan perangkat lunak multimedia Cool Edit yang interaktif untuk pembelajaran fisika pokok bahasan bunyi dan getaran.

1.3 Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat lunak multimedia Cool Edit untuk membantu pembelajaran mata pelajaran Fisika pada pokok bahasan bunyi dan getaran.

























BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengenalan Cool Edit
Cooledit Pro merupakan Salah satu software yang digunakan untuk meng-edit suara (editing sound) dengan bermacam-macam extensi file suara. Software ini lebih mudah dioperasikan daripada software editing sound yang lainnya.Di dalam cool edit pro banyak terdapat menu effect. Cool Edit Pro juga dapat membuat Suara rekaman yang bisa disisipi lagu atau istilahnya backsong.
Software ini merupakan tool editing music yang cukup baik karena berbagai macam fitur diberikan. memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai operasi dengan data audio sebagai media yang menampilkan gambar gelombang dari file audio, penyaringan serta menerapkan berbagai efek audio.
Cool Record Edit termasuk klik dan derak filter untuk membersihkan piringan hitam, sebuah filter suara untuk rekaman kaset-kaset, dan equalizer untuk meningkatkan kualitas suara dari semua rekaman.
Cool edit adalah software yang digunakan untuk mengedit file-file yang berekstensi mp3, wav, cda, cel dan sebagainya yang mendukung format suara.
Fitur Utama CoolEdit yaitu:
 Rekaman:
Rekam file audio baru dari mikrofon atau sumber suara lain
 Mengedit:
Membuka, membuat dan menyimpan file audio. Memutar file audio atau apapun didalamnya. Visual mengedit file audio (Cut, Copy, Delete, Paste, Paste From File, Mix, Mix Dari File dan Sisipkan atau kebisingan atau kesunyian Hapus file audio.)
 Record / Edit Stasiun professional
Editor audio digital yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai operasi dengan file audio: potong, salin dan paste (dengan unlimited menggunakan fungsi pembatalan), trek campuran (mix), menambahkan berbagai efek ke rekaman audio. Program ini tidak hanya mendata dan memainkan suara, tetapi juga memungkinkan impor dan ekspor file audio dalam berbagai format (WAV, AIFF, MP3 dan OGG, dll). Best Music Record Edit Station memungkinkan untuk penyesuaian dalam modus spectrogram, analisis frekuensi.


Fitur lain dari CoolEdit:
 Mendigitalkan rekaman suara dan menyimpannya sebagai format yang didukung.
 Real-time visual: bar, gelombang, spectrogram, spektrum, meteran tingkat, dll.
 Merekam audio data dari mikrofon atau perangkat input lain yang tersedia.
 Menampilkan jendela gelombang file audio dan menerapkan zooming.
 Edit file audio visual (Cut, Copy, Hapus Pilihan, Hapus Diam, Tempel, Mix Tempel, Mix From File, Edit Channel).
 Terapkan berbagai efek (memperkuat, Compressor, Delay, Fade In dan Fade Out, Flanger, Invert, Normalisasikanlah, Phaser, Reverb, Reverse, Silence, Stretch, vibrato, dll).
 Terapkan filter yang berbeda untuk setiap bagian yang dipilih file audio (bandpass Filter, Filter Highpass Filter HighShelf, Lowpass Filter, LowShelf Filter, Notch Filter, Filter Peak EQ).
 Masukkan kebisingan atau kesunyian.
 Menyimpan format file audio yang lain.
 Menambah dan mengedit informasi tambahan ke file audio Anda (Album, Artis, Komentar, Copyright, Genre, Judul, Tahun)



Gambar : Contoh tampilan judul program CoolEdit

2.2 Manfaat Cool Edit
Cool edit pro adalah software yang digunakan untuk mengedit file-file yang berekstensi mp3, wav, cda, cel dan sebagainya yang mendukung format suara. Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba menggabungkan (mixing) suara dalam hal ini lagu, antara lagu yang satu dengan yang lainnya, dan berbagai efek yang bisa digunakan dalam cool edit pro 2.0.
Editing music atau mp3 yaitu melakukan pemotongan dan penggabungan suatu lagu atau mp3. Fungsi melakukan editing disini diantaranya jika kita ingin membuat sebuah kombinasi musik dari beberapa lagu yang dijadikan satu, semisal untuk backsound pembuatan film, slide presentasi, atau untuk dance yang mana sering membutuhkan beberapa lagu. Bisa juga untuk membuat ringtone dari sebuah music, agar bisa sesuai dengan bagian yang kita inginkan maka perlu dipotong terlebih dahulu.
Sebenarnya fungsi yang diberikan software cool edit pro ini sangat banyak dan jika bisa memanfaatkannya bisa jadi tool yang sangat powerful. Berbagai efek dan konfigurasi mixing juga disediakan dalam software ini.
CoolEdit memiliki beberapa fitur yang layak disebut dan pengujian. Pertama, ia memiliki built-in sinkronisasi gelombang otak dan memiliki fungsi yang memungkinkan untuk menghasilkan nada. Nada dapat digunakan untuk membuat frekuensi binaural beat. Para nada yang dihasilkan dapat tumpang tindih ke latar belakang putih, merah muda, atau cokelat kebisingan. Ini bernama suara berwarna-warni pada dasarnya statis-terdengar latar belakang yang membuat efek Ganzfield di pikiran Anda, menciptakan latar belakang berulang-ulang sehingga nada mempunyai efek lebih.







2.3 Metode Penggunaan Cool Edit
1. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah buka program cool edit pro seperti
terlihat pada gambar di bawah ini.



2. Pilih file open, masukkan lagu-lagu yang anda punyai.
Pada gambar di bawah ini saya memasukkan lagu rocker juga manusia miliknya
serious band dan lagu berlalu miliknya the fly, seperti terlihat pada gambar

Pada saat lagu dimainkan waktu yang ada di toolbarnya akan berjalan.


3. Langkah berikutnya adalah mainkan lagu pertama sampai kira-kira waktu
menunjukkan 20 detik kemudian klik stop. Dan bloklah lagu tersebut.
Lagu dalam keadaan terblok dari detik awal sampai deti ke 20,190

4. Copykan dengan cara pilih menu edit → copy to new. Maka pada daftar lagu
yang terbuka akan bertambah 1 file lagu yang bertuliskan rocker juga manusia 2.
5. Lakukan hal yang sama pada lagu kedua, blok lagu pada detik sesuai selera anda dan copy file tersebut seperti yang di jelaskan di atas.
Sekarang tampilan cool edit pro menjadi seperti berikut:

Ada 2 file baru hasil pengcopyan tadi.

6. Sekarang klik 2x pada lagu yang baru tercipta, pada penjelasan ini saya mengklik file rocker juga manusia 2.
7. Blok semua area kerja dari cool edit pro sampai tampilannya menjadi agak keabuabuan.
seperti terlihat pada gambar:




Hasil pemblokan dari file
8. Kemudian pilih menu edit → copy.
9. Kemudian double klik file yang kedua, dalam hal ini saya mengklik file the fly
berlalu 2.
10. Kemudian klik pada tool bar paling kiri pojok bawah yang bertuliskan go to end
or next cue, fungsinya supaya lagu the fly 2 tersebut berada pada paling akhir
lagu. Kemudian klik paste.


go to end or next cue

Hasil setelah di paste file yang pertama
11. Klik tombol play. Nah sekarang dengarkan hasil mixing atau penggabungan dua
lagu yang berbeda menjadi satu file.
Dalam hal ini anda bebas melakukan paste dimana aja sesuai selera, diawal,
tengah-tengah ataupun diakhir.
Langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menambahkan effect pada
lagu tersebut.
12. Pilih tab effect atau menu effect, terlihat efek-efek yang dapat kita gunakan untuk
memodifikasi suara (lagu). Pada pembahasan ini kita akan menggunakan efek
special → distortion.
13. Pada keadaan file terblok pilih tab effect→ special→ distortion dan klik 2x.
Seperti terlihat pada gambar




14. Pada preset pilihlah background noise dan klik preview, anda juga dapat
menggeser kurva yang ada sesuai dengan selera anda. kemudian dengarkan dan
rasakan perbedaan dari suara awalnya. Anda dapat mencoba mencoba bagian
yang lain pada menu preset. Ataupun di menu effect.

2.4 Cool Edit untuk Media Pembelajaran.
Dalam dunia pendidikan terutama disiplin ilmu yang berhubungan dengan sensor suara, dan pengolahan data suara, mempelajari gelombang suara adalah sebuah kaharusan. Sekarang kita pandang gelombang suara sebagai mana adanya, yaitu sebuah gelombang suara muncul dengan getaran yang ditimbulkan. Jika sumber suara memancarkan gelombang suara maka energy secara merata akan disebarkan ke seluruh arah. Kemudian oleh yang menerima gelombang suara (pendengar), energy persatuan waktu (atau daya) tersebut diterima. Energy suara ini semakin kecil ketika menjauhi sumber suara.

Gambar Bentuk Gelombang Ucapan “Merdeka” Asli


Gambar Bentuk Gelombang Ucapan “Merdeka” Sintesis


Gambar Bentuk Spektogram Ucapan “Merdeka” Asli


Gambar Bentuk Spektogram Ucapan “Merdeka” Sintesis

Dari hasil percobaan dengan CoolEdit, didapatkan bahwa overlap-add dari unit ucapan memberikan hasil yang masih dapat diterima. Meskipun beberapa kali muncul ‘klik/pop’. Secara umum bentuk sinyal ucapan di atas mirip, namun pada sinyal ucapan terlihat beberapa bagian sambungan yang masih kurang natural. Representasi spektogram dari kata “merdeka” ditunjukkan dalam. Dari data yang ditampilkan di atas, terlihat kemiripan pada bentuk gambaran gelombang atau getaran suara spektogram sinyal ucapan sintesis dan sinyal ucapan asli, dimana komponen-komponen frekuensi relatif sama.


2.5 Penggambaran Pelayangan Suara dengan Cool Edit
Jika anda seorang yang cukup sering menggunakan alat music, peristiwa pelayangan sesungguhnya sudah tidak asing lagi. Peristiwa ini sering dialami seorang yang sedang melalkukan “penyematan” alat music. Ada suatu saat ketika kita hendak menyesuaikan (menala) sebuah nada (frekuensi) tertentu, ketika nada hamper sesuai dengan nada acuan (standart), terjadi suara kera- lemah secara bergantian. Ini adalah peristiwa pelayangan suara (dalam bahas aslinya disebut beats). Pelayangan suara terjadi karena dua nada (gelombang suara) yang dibunyikan bersamaan dengan frekuensinya sedikit berbeda. Kita perhatikan bahwa amplitude gelombang tidak konstan, namun juga berisolasi secara periodic. Jika kita sketsa dengan CoolEdit bagaimanakah bentuk gelombang, maka akan kita peroleh hasil interferensi yang unik, dimana gabungan dua gelombang suara menghasilkan gelombang baru yang amplitudonya membesar dan mengecil.
Pada gambar berikut ini CoolEdit dapat memperlihatkan sebuah contoh penggabungan (interferensi) dua gelombang suara dengan amplito dan frekuensi dengan memiliki sedikit perbedaan. Untuk menggambarkan fungsi gelombang hasil pelayangan ini digunakan program


Efek pelayangan karena dua gelombang yang frekuensinya sedikit berbeda.
Telah kita lihat bahwa amplido


(seperti pada gambar) membesar dan mengecil secara periodic, dan kita tahu bahwa amplitude sebanding dengan energy gelombang (dan intensitasnya) atau keras-lemah sebuah suara. Dengan demikian secara fisika, sekarang dapat kita fahami mengapa suara lemah-keras secara bergantian dalam peristiwa pelayangan suara itu terjadi, hal ini disebabkan energy dari gelombang membesar dan mengecil secara periodic.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Jika dilihat dari kekayaan dan kelengkapan materi, penulisan makalah ini memang tidak cukup kaya jika dibandingkan buku-buku teks. Untuk itu sangat di sarankan untuk pembaca melihat referensi dari berbagai sumber terkait yang relevan. Nemun demikian, materi yang ada dalam makalah saya ini, disusun menurut cara berpikir sederhana,
Bobot matematis dalam penulisan makalah saya ini pun kurang lebih sedemikian dikarenakan kemampuan yang dimiliki dirasa kurang memadai. Karena kebanyakan isi dari makalah ini, mengambil dari berbagai sumber buku-buku, maupun sumber lain, yakni internet dan wawancara (bertanya). Makalah ini hadir untuk memenuhi tugas mata kuliah media pembelajaran.
Penulis sangat menyadari, karena begitu banyaknya kekurangan dalam makalah ini, maka dengan senang sekali penulis akan menerima saran-saran dari pembaca baik dari kalangan pengajar maupun pembaca dari rekan-rekan mahasiswa, demi perbaikan dan kesempurnaan penulisan makalah dikemudian hari.
Semoga ikhtiar kecil saya sebagai penulis menjadi amal kebaikan yang brmanfaat.

3.2 Saran
Agar lebih memahami konsep dasar guna mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
















DAFTAR PUSTAKA

Arsyad Azhar.2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Halliday, David dan Recnick, Robert, Fisika Jilid I Edisi Ketiga, Erlangga, 1990
On, Tjia, May, Gelombang, Dabara Publissher, Solo, 1994.
Tippler, Fisika Jilid I Untuk Sains dan Teknik, Elangga, 1998
http://pakarti.wordpress.com diakses pada tanggal 2 April 2010. Pukul 19.00 WIB
http://edywihardjo.blog.unej.ac.id diakses pada tanggal 2 April 2010. Pukul 19.00 WIB
http://ilmukomputer.org/2009/05/05/belajar-editing-sound-menggunakan-cool-edit-pro-20/ diakses pada tanggal 7 April 2010. Pukul 10.00 WIB.
http://pakarfisika.wordpress.com/2008/07/27/software-pembelajaran-fisika/ diakses pada tanggal 7 April 2010. Pukul 10.00 WIB.
www.physicsclassroom.com diakses pada tanggal 8 April 2010. Pukul 11.00 WIB
http://openpdf.com/ebook/menggunakan-cool-edit-pdf.html diakses pada tanggal 8 April 2010. Pukul 13.00 WIB.
http://siteresources.worldbank.org/INTINDONESIAINBAHASA/Resources/Publication/Rakom.pdf diakses pada tanggal 8 April 2010. Pukul 13.30 WIB
http://yantobdg.co.cc/download/Pembuatan-Audio.pdf diakses pada tanggal 8 April 2010. Pukul 13.30 WIB
http://yudiagusta.files.wordpress.com/2009/11/172-176-snsi06-28-text-to-speech- bahasa-indonesia-menggunakan-concatenation-syntesizer-berbasis-fonem.pdf diakses pada tanggal 8 April 2010. Pukul 13.30 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar