Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran SMP
Satuan
Pendidikan : SMPN 4 JEMBER
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/
Semester : kelas
VIII/2
Materi
Pembelajaran : Tekanan
I.
Standar
Kompetensi :
5. Memahami
peranan usaha, gaya dan energy dalam kehidupan sehari-hari
II.
Kompetensi Dasar :
5.5
menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
III.
Indicator
1.
Kognitif
Produk:
a. Menyebutkan
dan menjelaskan bunyi hukum pascal
b. Menjelaskan
prinsip mesin penghasil gaya hidrolik
c. Menyebutkan
peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
d. Menyebutkan
bunyi hukum Archimedes
e. Menyelidiki
dan mnentukan besar gaya angkat.
f. Menjelaskan
konsep tenggelam, melayang dan terapung.
g. Menyebutkan
pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
Proses:
Menyelidiki dan menentukan
besar gaya angkat.
2.
Psikomotor:
(tidak ada aspek
psikomotor)
3.
Afektif
a.
Mengembangkan berilaku berkarakter meliputi:
1.)
Jujur
2.)
Tanggung jawab
3.)
Teliti
b.
Mengembangkan
keterampilan sosial meliputi
1.)
Bertanya
2.)
Menyumbang ide
dan berpendapat
3.)
Berkomunikasi
4.)
Bekerjasama
5.)
berdiskusi
IV.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Kognitif
Produk:
a.
Melalui
bahan ajar, siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan bunyi hokum pascal.
b.
Melalui
bahan ajar, siswa dapat menjelaskan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
c.
Melalui
bahan ajar, siswa dapat menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin
penghasil gaya hidrolik.
d.
Melalui
bahan ajar, siswa dapat menyebutkan bunyi hukum Archimedes
e.
Melalui
LKS siswa dapat menyelidiki dan mnentukan besar gaya angkat.
f.
Melalui
LKS, siswa dapat menjelaskan konsep tenggelam, melayang dan terapung.
g.
Melalui
bahan ajar, siswa dapat enyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan
sehari-hari.\
Proses:
Melalui LKS siswa dapat
menyelidiki dan menentukan besar gaya angkat.
2. Psikomotor:
(tidak ada aspek
psikomotor)
3. Afektif
1. Karakter
Terlibat
dalam proses kegiatan belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa
dinilai pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter
meliputi: jujur, teliti dan bertanggung
jawab.
2. Keterampilan
Sosial
Terlibat
dalam proses kegiatan belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa
dinilaib pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang idea tau berpendapat,
berkomunikasi dan kerjasama.
V.
Materi
Pembelajaran
a.
Hukum Pascal
Hukum
Pascal menyatakan bahwa Tekanan yang
diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama
besar. Perbedaan tekanan karena perbedaan kenaikan zat cair diformulakan sebagai berikut:
Δh
= ketinggian zat cair di atas titik pengukuran (m)
Alat ini berupa bejana tertutup yang
dilengkapi dengan dua buah torak (pengisap) yang luas penampangnya berbeda,
yaitu A1 < A2 dan di dalam bejana terdapat benda cair.
Diumpamakan pada torak yang luasnya A1 bekerja gaya sebesar F1
yang arahnya ke bawah yang besarnya sama dengan P1. Tekanan P1 ini
diteruskan sama rata ke segala arah. Termasuk di torak yang luasnya A2,
kita dapat menghitung gaya yang dialami oleh torak disebelah kanan dengan
mengalikan tekanan P dengan luas penampang torak A2. Jika gaya itu kita
sebut F2, maka didapat persamaan sebagai berikut :
rumus hukum pascal
Keterangan :
F1 = besar gaya penghisap 1 (N)
F2 = besar gaya penghisap 2 (N)
A1 = Luas penampang penghisap 1 (m2)
A2 = Luas penampang penghisap 2 (m2)
b. Apikasi
Hukum Pascal
Hukum Pascal banyak dimanfaatkan
untuk membantu pekerjaan manusia. Contoh alat yang prinsip kerjanya berdasarkan
hukum Pascal :
*
Dongkrak hidrolik
*
Pompa hidrolik
*
Mesin hidrolik pengangkat mobil
* Alat
pengepres hidrolik.
Hukum Pascal pada Dongkrak Hidrolik.
Dongkrak hidrolik merupakan salah satu aplikasi
sederhana dari Hukum Pascal. Berikut ini prinsip kerja dongkrak hidrolik
berdasarkan hukum pascal. Saat pengisap kecil diberi gaya tekan, gaya tersebut
akan diteruskan oleh fluida
(minyak) yang terdapat di dalam pompa. Akibatnya Berdasarkan Hukum Pascal,
minyak dalam dongkrak akan menghasilkan gaya angkat pada pengisap besar dan
dapat mengangkat beban di atasnya.
Gambar Skema
dongkrak hidrolik
Hukum Pascal pada Mesin
Hidrolik Pengangkat Mobil.
Aplikasi hukum
pascal berikutnya adalah mesin hidrolik pengangkat mobil ini memiliki prinsip
yang sama dengan dongkrak hidrolik. Perbedaannya terletak pada perbandingan
luas penampang pengisap yang digunakan. Pada mesin pengangkat mobil,
perbandingan antara luas penampang kedua pengisap sangat besar sehingga gaya
angkat yang dihasilkan pada pipa berpenampang besar dan dapat digunakan untuk
mengangkat mobil.
Gambar Mesin
hidrolik pengangkat Mobil
Hukum Pascal pada Rem Hidrolik
Aplikasi hukum
pascal berikutnya adalah Rem hidrolik digunakan pada mobil. Ketika Anda menekan
pedal rem, gaya yang Anda berikan pada pedal akan diteruskan ke silinder utama
yang berisi minyak rem. Selanjutnya, minyak rem tersebut akan menekan bantalan
rem yang dihubungkan pada sebuah piringan logam sehingga timbul gesekan antara
bantalan rem dengan piringan logam. Gaya gesek ini akhirnya akan menghentikan
putaran roda.
Gambar Prinsip
kerja rem hidrol
c.
Hukum
Archimedes
Bunyi Hukum
Archimedes. Hukum Archimede adalah sebuah hukum tentang prinsip
pengapungan diatas benda cair yang ditemukan oleh Archimedes, seorang ilmuwan
Yunani yang juga merupakan penemu pompa spiral untuk menaikan air yang dikenal
dengan istilah Sekrup Archimede. Hukum Archimedes berhubungan dengan gaya berat
dan gaya ke atas suatu benda jika dimasukan kedalam air. Berikut ini adalah
bunyi hukum Archimedes yang sangat terkenal itu.
Bunyi Hukum Archimedes
“Suatu benda yang dicelupkan
sebagian atau seluruhya kedalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang
besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut”
|
Rumus Hukum Archimedes
FA = ρa
x Va x g
|
Keterangan:
FA = Gaya keatas yang dialami benda (N)
ρa= Massa Jenis zat cair (kg/m3)
Va= Volume air yang terdesak
(m3)
g = Percepatan Gravitasi (m/det2)
|
Berdasarkan bunyi dan rumus hukum
Archimede diatas, suatu benda yang akan terapung, tenggelam atau melayang
didalam zat cair tergantung pada gaya berat dan gaya keatas. Maka dari itu,
berdasarkan hukum diatas, terciptalah 3 hukum turunan dari hukum Archimedes
yang berbunyi:
1. Benda akan terapung jika massa
jenis benda yang dimasukan kedalam air lebih kecil dari massa jenis zat cairnya
2. Benda akan melayang jika massa
jenis benda yang dimasukan kedalam air sama dengan massa jenis zat
cairnya
3. Benda akan tenggelam jika massa
jenis benda yang dimasukan kedalam air lebih besar dari pada massa jenis zat
cairnya
d. Pemnfaatan
Hukum Archimedes
Kapal Laut
Agar
kapal laut tidak tenggelam badan kapal harus dibuat berongga. hal ini
bertujuan agar volume air laut yang dipindahkan oleh badan kapal menjadi lebih besar. Berdasarkan persamaan besarnya gaya apung sebanding dengan volume zat cair yang dipindahkan, sehingg gaya apungnya menjadi sangat besar. Gaya apung inilah yang mampu melawan berat kapal, sehingga kapal tetap dapat mengapung di permukaan laut.
bertujuan agar volume air laut yang dipindahkan oleh badan kapal menjadi lebih besar. Berdasarkan persamaan besarnya gaya apung sebanding dengan volume zat cair yang dipindahkan, sehingg gaya apungnya menjadi sangat besar. Gaya apung inilah yang mampu melawan berat kapal, sehingga kapal tetap dapat mengapung di permukaan laut.
Kapal Selam dan Galangan Kapal
Pada
dasarnya prinsip kerja kapal selam dan galangan kapal sama. Jika kapal akan
menyelam, maka air laut dimasukkan ke dalam ruang cadangan sehingga berat kapal
bertambah. Pengaturan banyak sedikitnya air laut yang dimasukkan, menyebabkan
kapal selam dapat menyelam pada kedalaman yang dikehendaki. Jika akan
mengapung, maka air laut dikeluarkan dari ruang cadangan. Untuk memperbaiki
kerusakan kapal bagian bawah, digunakan galangan kapal. Jika kapal akan
diperbaiki, galangan kapal ditenggelamkan dan kapal dimasukkan. Setelah itu
galangan diapungkan. Galangan ditenggelamkan dan diapungkan dengan cara memasukkan
dan mengeluarkan air laut pada ruang cadangan.
VI.
Model dan Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Cooperatif Learning
Metode
Pembelajaran : ceramah,diskusi, penugasan
VII.
Proses Belajar
Mengajar
A.
Pendahuluan
Kegiatan
|
penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Apersepsi dan Motivasi
“Mengapa pancuran teko tidak
boleh lebih rendah daripada posisi tutupnya? Ketika tutup teko lebih tinggi
dari tutupnya maka air akan keluar dari tutupnya juga.
|
||||
2.
Mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran: kognitif (produk, proses); psikomotor;dan efektif (keterampilan
sosial dan perilaku berkarakter)
|
B. Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan Elaborasi, guru:
a.
Menyebutkan dan menjelaskan bunyi
hukum pascal
b.
Menjelaskan prinsip mesin penghasil
gaya hidrolik
c.
Menyebutkan peralatan yang
menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
d.
Menyebutkan bunyi hokum
Archimedes
e.
Menyelidiki dan mnentukan besar
gaya angkat.
f.
Menjelaskan konsep tenggelam,
melayang dan terapung
g.
Menyebutkan pemanfaatan gaya
Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan Elaborasi, guru:
a. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang bunyi hukum pascal
b. Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai peralatan yang menggunakan
prinsip pascal, mesin hidrolik.
c. Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum Archimedes.
d. Peserta
didik memperhatikan penjelasan dari guru mengenai manfaat gaya archimedes
dalam kehidupan sehari-hari.
e. Peserta
didik diminta untuk berkelompok menegerjakan LKS
f. Guru
mendampingi siswa mengerjakan LKS untuk menemukan konsep tenggelam, melayang
dan terapung, serta membuat kesimpulan dari LKS yang dikerjakan.
g. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
h. Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
seharusnya.
§
Konfirmasi
Dalm
kegiatan Konfirmasi:
a. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
|
C.
Penutup
Kegiatan
|
penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Dalam kegiatan
Penutup:
a.
Guru meminta siswa untuk
mempeljari meteri selanjutnya
|
VIII.
Sumber Pembelajaran
1.
Silabus
2.
LKS
3.
Bahan
Ajar
IX.
Penilaian
Hasil belajar
Indicator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Instrimen
|
Istrumen
|
1.
Pruduk:
a. Menyebutkan
dan menjelaskan bunyi hukum pascal.
b. Menjelaskan
prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
c. Menyebutkan
peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
d. Menyebutkan
bunyi hokum Archimedes
e. Menyelidiki
dan mnentukan besar gaya angkat
f. Menjelaskan
konsep tenggelam, melayang dan terapung.
g. Menyebutkan
pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
2.
Prosees
Mengerjakan LKS untuk menyelidiki dan menentukan
besar gaya angkat.
3.
Terlibat dalam KBM yang berpusat
pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi bertanya, dan
berpendapat.
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Tes isian dan
pilihan ganda
Lembar
observasi
Lembar
observasi
Lembar
pengamatan aktivtas siswa
|
LP01
LP 02
LP
03
LP 04
|
Jember, 5 Maret
2013
Mahasiswa/Praktikan,
Tri Mardiyanti
R.
NIM. 090210102039
Mengetahui
Guru Pamong, Dosen
Pembimbing,
Dra. Susiani Drs. Subiki, M.Kes
NIP. 19680826199802 2 004 NIP.196307251994021001
Kepala Sekolah,
Dra. Yayuk Kurniayani, M.Si
NIP. 19600929 198203 2 010
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS-01)
Nama : . . . . . . . . . . . . . . . .
:
. . . . . . . .
- Dari gambar berikut dapat kita analisis bahwa:
- F
adalah …………… dengan satuan Newton
(N)
- Skema
pompa hidrolik dilukiskan pada gambar soal. No1 diatas
Hitunglah
gaya angkat
!
Jika di
ketahui nilai
= 24
,
= 120
,
= 150N
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
- Sebuah
wadah setinggi 0,6 m memiliki luas alas 0,4
Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
GOOD LUCK….!!!
KUNCI LEMBAR
KERJA SISWA (LKS-01)
- a. F
adalah gaya tekan dengan satuan Newton (N)
b.
>
adalah luas
penampang dengan satuan
.
- Diketahui:
Luas kolom
pertama (
) = 24
=
Luas
kolom kedua (
)= 120
= 1,2
X
Gaya
tekan di kolom 1 (
) = 150N
Ditanyakan:
gaya angkat di kolom ke dua (
)
Jawab:
= 750
N
Jadi
gaya angkat di kolom kedua
sebesar 750N.
- Diketahui:
h=
0,6 m
A=
0,4
h
= 10 cm= 0,1 m
ρair=
1000kg/
ditanyakan:
a. P saat h= 10 cm
b. F d dasar wadah
Jawab:
a. P= ρair
g h b.
Fh= ρair g h
LKS-02
Nama Anggota:
Kelompok : …
1.
Apa yang dapat Anda jelaskan dari gambar di
atas ?
2.
Bagaimana dengan gaya angkat saat kapal selam dalam posisi c jika kita bandingkan dengan saat kapal selam
berada di permukaan laut posisi a ?
3.
Mengapa demikian ?
4.
Jika jarak kapal selam semakin dekat dengan dasar laut atau semakin jauh dari
permukaan laut, apa yang terjadi dengan gaya pada kapal selam? jelaskan alasan
Anda!
5.
Apa yang dapat Anda simpulkan dari kasus di
atas ?
KUNCI
LKS-02
- Sebuah
kapal selam dapat muncul di permukaan laut dan dapat tenggelam. Di dalam
kapal selam terdapat tangki pemberat yang dapat diisi air laut atau
dikosongkan.
- Gaya
berat pesawat akan semakin kecil.
- Hal
tersebut dapat terjadi karena gaya angkat kapal selam berbanding terbalik
dengan gaya berat kapal selam terhadap permukaan laut.
- Jika
kapal selam bergerak menjauhi permukaan laut maka gaya angkat kapal selam akan
semakin kecil, demikian sebaliknya
- Gaya
angkat suatu benda dipengaruhi oleh gaya berat. Jika benda tersebut
semakin jauh dari permukaan laut, maka akan semakin kecil gaya angkatnya,demikian
sebaliknya
LP-01
EVALUASI KOGNITIF PRODUK
No.
|
NAMA
SISWA
|
NOMOR SOAL
|
Skor
siswa
|
||||
1.
|
2.
|
3.
|
|||||
a
|
b
|
a
|
b
|
||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
dst
|
Keterangan : Skor Maksimum 1a=1b=2=3a=3b= 20
LP-02
EVALUASI KOGNITIF PROSES
No.
|
NAMA
SISWA
|
NOMOR SOAL
|
Skor
siswa
|
||||
4
|
5
|
||||||
1
|
2
|
3
|
|||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
dst
|
Keterangan:
Skor maksimum masing-masing nomor = 10
LP-03
EVALUASI AFEKTIF PERILAKU BERKARAKTER
Penilaian perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A.
Sangat Baik
|
B.
|
B.
Baik
|
C.
Cukup
|
D.
Kurang
|
||||
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Tugas Kinerja
|
||||||
Jujur
|
Tanggunga
jawab
|
Teliti
|
||||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6.
|
.
|
|||||||
7.
|
||||||||
8.
|
||||||||
9.
|
||||||||
10.
|
||||||||
LP-04
EVALUASI AFEKTIF KETERAMPILAN SOSIAL
Penilaian keterampilan sosial siswa menggunakan skala berikut ini:
A.
Sangat Baik
|
B.
|
C.
|
B.Baik
|
C.
Cukup
|
D.
Kurang
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Tugas Kinerja
|
||
Bertanya
|
Berpendapat
|
Bekerjasama
|
||
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
||||
6.
|
||||
7.
|
||||
8.
|
||||
9.
|
||||
10.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar