Sabtu, 07 Juli 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah : SMP Bintang Jaya Kelas/ semester : IX/ 2 Mata Pelajaran : IPA FISIKA A. Standar Kompetensi 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. B. Kompetensi dasar 5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya C. Indicator 1. Kognitif a. Kognitif Produk 1. Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya. 2. Menjelaskan pengertian asteroid. 3. Menjelaskan pengertian komet. b. Kognitif Proses 1. Membedakan rotasi dan revolusi planet. 2. Menjelaskan karakteristik komet. 3. Membedakan meteor dan meteorit. 2. Psikomotor Menyebutkan contoh asteroid dalam tata surya. 3. Afektif a. Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi : berpikir kreatif, teliti dan bertanggung jawab. b. Mengembangkan keterampilan social meliputi : bertanya, berpendapat, menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi, dan bekerjasama. D. Tujuan pembelajaran 1. Kognitif a. Kognitif Produk 1. Dengan bahan ajar siswa dapat mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya. 2. Dengan bahan ajar siswa dapat menjelaskan pengertian asteroid. 3. Dengan bahan ajar siswa dapat Menjelaskan pengertian komet. b. Kognitif Proses 1. Dengan bahan ajar siswa dapat Membedakan rotasi dan revolusi planet.. 2. Dengan bahan ajar siswa dapat Menjelaskan karakteristik komet. 3. Dengan diskusi dan tanya jawab siswa dapat membedakan meteor dan meteorit. 2. Psikomotor Siswa dapat menyebutkan contoh asteroid dalam tata surya. 3. Afektif a. Siswa dapat mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi berpikir kreatif, teliti dan tanggung jawab. b. Siswa dapat mengembangkan keterampilan social meliputi : bertanya, berpendapat, menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dan bekerjasama. E. Materi Anggota Tata Surya F. Model dan metode pembelajaran Model Pembelajaran : - Direct Instruction (DI) - Cooperative Learning Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok,Eksperimen,Observasi,Ceramah. G. Kegiatan a. Pendahuluan • Motivasi dan Apersepsi:  Dapatkah kita mengamati meteor secara langsung?  Mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari? • Prasyarat pengetahuan:  Apakah yang dimaksud dengan meteor?  Apakah yang dimaksud dengan komet? b. Kegiatan Inti • Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya. • Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik anggota tata surya. • Guru membagi tugas kelompok:  1 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik satelit.  1 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik asteroid.  1 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik komet.  1 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik meteroid. • Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain. • Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. • Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai karakteristik anggota tata surya. c. Kegiatan Penutup • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. • Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. • Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. E. Sumber Belajar a. Buku IPA b. Buku referensi yang relevan c. Lingkungan F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian:  Tes tertulis  Penugasan b. Bentuk Instrumen:  Tes PG  Tes uraian  Tes isian  Tugas rumah c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Anggota tata surya yang memiliki orbit paling lonjong adalah .... a. asteroid c. komet b. planet d. meteroid - Contoh tes isian Posisi planet pada orbit yang jaraknya paling jauh ke matahari dinamakan .... - Contoh tes uraian Mengapa planet-planet dapat beredar mengelilingi matahari? - Contoh tugas rumah Buatlah artikel yang memuat deskripsi karakteristik sebuah planet. ...............,...................... Mengetahui Kepala SMP Guru Mata Pelajaran ......................... .............................. NIP. NIP. Lampiran 1. KELOMPOK : ……………… NAMA :…………………. ………………… Diskusikan ! Bagaimana karakteristik anggota tata surya? jelaskan karakteristik dari - satelit. - asteroid. - komet. - meteroid. LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF NO NAMA KELOMPOK ASPEK YANG DINILAI/ DITINGKATKAN DALAM ANALISIS KASUS DAN SOAL DALAM LKS Ketepatan hasil Kerapian jawaban 1 1 2 3 1 2 3 2 3 4 FORMAT RUBRIK PENILAIAN KELOMPOK Kategori Tingkatan 1 2 3 Ketepatan hasil Jawaban benar 100% Jawaban benar 75% Jawaban benar 50% Kerapian jawaban Jawaban disertai dengan jawaban yang lengkap Kurang lengkap dalam jawaban Ktidak lengkapnya jawaban kriteria skor: 5-6 : istimewa 3-4 : baik 1-2 : kurang LEMBAR PENILAIAN SIKAP NO NAMA SISWA ASPEK YANG DINILAI Bertanya berpendapat Sopan santun, ramah dalam berpendapat atau menerima pendapat JUMLAH SKOR 1 1 2 3 1 2 3 1 2 3 2 3 4 5 6 7 8 9 10 FORMAT RUBRIK PENGAMATAN SIKAP Kategori Tingkatan 1 2 3 Bertanya Mengajukan pertanyaan yang bagus dan sangat terkait Mengajukan pertanyaan yang bagus dan kurang terkait Mengajukan pertanyaan yang gtidak terkait Berpendapat Berpendapat dengan baik dan sangat terkait Berpendapat dengan baik dan kurang terkait Berpendapat dengan tidak baik dan tidak terkait Sopan santun serta ramah dalam berpendapat atau menerima pendapat Sangat sopan dan ramah dalam berpendapat dan menerima pendapat Cukup sopan dan ramah dalam berpendapat dan menerima pendapat Kurang sopan dan ramah dalam berpendapat dan menerima pendapat Kategori skor: 7-9 : istimewa 5-6 : baik 3-4 : kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar